Sharing Session 2 : Strategi Pencegahan Plagiasi

Sharing Session 2 : Strategi Pencegahan Plagiasi

Latar Belakang Kegiatan

Issue plagiarisme banyak diperbincangkan di berbagai media, lebih-lebih jika menyangkut petinggi kampus. Perguruan tinggi  dituntut untuk menghasilkan karya melalui penelitian dan publikasi ilmiah di berbagai publikasi yang bereputasi. Namun demikian jika mengejar produktivitas, tanpa memperhatikan kaidah dan etika penulisan, maka berpotensi terjadi plagiasi yang merupakan pelanggaran akademik, sehingga dapat dikenai sanksi akademik. Pencegahan dan penanggulangan Plagiat di atur dalam Peraturan Pemerintah No.17 tahun 2010. Pasal 6, khususnya  ayat 2 bahwa Pimpinan perguruan tinggi menetapkan dan mengawasi gaya selingkung untuk setiap bidang ilmu, teknologi dan seni yang dikembangkan oleh perguruan tinggi tersebut.

Dalam rangka penjegahan pelanggaran akademik pada tugas akhir Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, melalui Program studi S1 Akuntansi bekerjasama dengan Openlibrary-Telkom University menyelenggaran Sharing Session dengan tema: Strategi Pencegahan plagiasi.  Kegiatan ini  terkait dengan Mata Kuliah  Theory and Research Methodology in Accounting and Finance (TRMAF) yang dimplementasikan dengan kurikukulum berbasis Outcome (OBE), sehingga pembelajaran lebih realistis dalam mencapai outcomenya. Indikator  pencapaian outcome tersebut ditunjukkan dengan penyelesaian tugas akhir relevan dengan bidang keilmuan, memperhatikan kaidah penulisan dan tepat waktu dalam menyelesaikannya.

Selain itu, kegiatan ini merupakan sarana mengembangkan suasana akademik, meningkatkan kompetensi Dosen dan sarana berbagi ilmu kepada masyarakat melalui kemudahan teknologi informasi, khususnya di masa pandemic COVID-19.

Tujuan:

  1. Mengenalkan tipografi dan teknik parafrase
  2. Mengenalkan padanan kata dengan kamus Bahasa Indonesia online dan paraphrase menggunakan software
  3. Mengenalkan teknik sitasi dengan menggunakan Mendeley dan cek similaritas dengan ithenticate.

Manfaat:

  1. Dapat menerapkan tipografi dan para frase dalam penulisan tugas akhir atau karya ilmiah baik secara manual maupun dengan memanfaatkan software tertentu.
  2. Dapat mensitasi sesuai dengan kaidah sitasi yang diacu dalam panduan tugas akhir maupunpublikasi ilmiah serta serta dapat dapat mendeteksi similaritas untuk meminimalkannya sebelum publikasi dilakukan.
  3. Membangun literasi  kaidah penulisan karya ilmiah dan wawasan dalam berbahasa secara tertulis sesuai dengan bidang ilmun yang ditekuni. 

Comments are closed.