KULIAH UMUM : Bagaimana Mengakses Sumber Referensi dan Menemukan Research Gap

Latar Belakang Kegiatan

Kegiatan kuliah umum ini  terkait dengan Mata Kuliah  Theory and Research Methodology in Accounting and Finance yang diimplementasikan dengan kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE), sehingga pembelajaran lebih realistis dalam mencapai outcome-nya.  Kegiatan ini membantu Mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, agar dapat lulus tepat waktu dan dapat berperan dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

Tema kegiatan ini adalah Bagaimana Mengakses Sumber Referensi dan Menemukan Research Gap. Kegiatan Kuliah Umum ini merupakan Kerjasama Prodi Akuntansi-Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Openlibrary-Telkom University. Melalui kegiatan ini, diperkenalkan cara mengakses berbagai sumber referensi di luar kampus sebagai jawaban atas keterbatasan di era pandemi Covid-19 yang mensyaratkan transfer pengetahuan secara online, sehingga aktivitas berbagi pengetahuan tetap dapat dilaksanakan. Pada kegiatan ini juga disampaikan materi tentang building block penelitian ilmiah dan bagaimana menemukan research gap untuk menentukan kebaharuan (novelty) penelitian. Kuliah umum ini juga merupakan sarana mengembangkan suasana akademik, meningkatkan kompetensi Dosen, dan sarana berbagi ilmu kepada masyarakat melalui kemudahan teknologi informasi.

Tujuan:

  1. Mengenalkan software Myloft kepada Mahasiswa dan penggguna Openlibrary-Telkom University untuk  mengakses secara online di luar kampus, sebagai jawaban di era disruptif khususnya pada kondisi pandemi Covid-19.
  2. Memperkenalkan Building Blocks of Science in Research untuk membantu mahasiswa menyusun tugas akhir.
  3. Memperkenalkan cara mengidentifikasi research gap dengan menggunakan software.

Manfaat:

  1. Dapat mengakses berbagai informasi yang tersedia di openlibrary sesuai kebutuhan penggunanya serta meningkatkan kesadaran berliterasi baik dilingkungan Telkom University maupun masyarakat pada umumnya.
  2. Dapat memanfaatkan Building Blocks of Science in Research sebagai panduan dalam melakukan penelitian ilmiah.
  3. Dapat menghasilkan pemetaan sesuai dengan topik penelitian, sehingga dapat menentukan kebaharuan penelitian berdasarkan gap dari berbagai penelitian terdahulu yang sejenis, serta dapat mengakses berbagai artikel sesuai dengan topik penelitiannya. 

Comments are closed.