Home » General Information

General Information

Program Studi S1 Akuntansi resmi dibuka pada tahun akademik 2008/2009 seiring dengan berubahnya status Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis Telkom menjadi Institut Manajemen Telkom berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 64/D/0/08 tanggal 28 Maret 2008. Berdasarkan surat keputusan Kopertis Wilayah IV Nomor 3384/D/T/K-IV/2010 tanggal 11 Agustus 2010 tentang Ijin Perpanjangan Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi. Prodi Akuntansi telah diakreditasi oleh BAN PT pada tahun 2012 dengan nilai B. Dengan dibentuknya Fakultas Ekinomi dan Bisnis pada tahun 2013, maka Prodi Akuntansi menjadi satu dari tiga prodi di bawah FEB.

Visi

Menjadi Program studi yang Mandiri dan Unggul dalam bidang akuntansi berbasis Information Communication Technology (ICT)

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas di bidang akuntansi yang berbasiskan ICT dan berjiwa wirausaha

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian tinggi dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan akuntansi yang berbasis ICT.
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha dan memiliki kemampuan bersaing di bidang akuntansi, khususnya akuntansi manajemen dan pengauditan.
  4. Menghasilkan penelitian atau karya ilmiah yang berkualitas di bidang akuntansi dan ilmu lain yang relevan dengan akuntansi.
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang relevan dengan bidang akuntansi, sehingga mampu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai bidang tersebut.

Learning Outcomes

  1. Mampu membaca, menyusun, menganalisis dan menginterpretasi laporan keuangan baik untuk lembaga bisnis, maupun non-bisnis (sektor publik).
  2. Mampu memahami dan menerapkan pengetahuan tentang akuntansi keuangan, akuntansi sektor publik, perpajakan, akuntansi manajemen dan auditing untuk memecahkan permasalahan di dunia bisnis maupun non-bisnis serta mengkomunikasi-kannya secara baik dan benar.
  3. Memiliki ketrampilan mengolah data dan mempresentasikannya dengan menggunakan bantuan teknologi informasi.

Keunggulan Umum

Kedekatannya dengan industri ICT memungkinkan seluruh prodi yang ada di bawah FEB memanfaatkan kapabilitas ICT dan pemanfaatan jejaringnya di industri tersebut untuk memperkuat proses pembelajaran. Kedekatan ini memungkinkan semua prodi untuk mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan wisdom dari para pakar industri telekomunikasi, menggunakan fasilitas dan infrastruktur dari Telkom Group, menggali kasus-kasus dalam industri teleomunikasi, mendapatkan dukungan terhadap tempat magang, pencarain data, penempatan lulusan, dan lain-lain. Dengan keunggulan-keunggulan ini lulusan MM Tel-U dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan dimana pun tempatnya bekerja.

Prestasi/ Reputasi

  • Accredited B by BAN-PT
  • ISO 9001:2008 certificate