Tax Center Tel-U di Seminar BKF  (Kebijakan Insentif Fiskal untuk Mendukung Daya Saing Industri Nasional)

Tax Center Tel-U di Seminar BKF (Kebijakan Insentif Fiskal untuk Mendukung Daya Saing Industri Nasional)

Bandung, Tax Centre Tel-U Tax Center Tel-U pada Selasa (2/10/2018) ikut hadir dalam seminar yang diadakan oleh Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (BKF) yang diadakan di hotel Grand Tjokro Bandung. Seminar yang mengangkat tema “Kebijakan Insentif Fiskal untuk Mendukung Daya Saing Industri Nasional” ini dibuka oleh Bapak Purwitohadi, Kepala Bidang Kebijakan Pajak dan PNBP. Tim Tax Center Tel-U yang menghadiri seminar ini adalah Ketua Tax Center, Bapak Kurnia, dan Bapak Muslih serta beberapa pengurus dan anggota Study Group Tax Center Tel-U.

Materi pertama yang disampaikan oleh Prof. Singgih Riphat, seorang peneliti utama di BKF, adalah mengenai Perkembangan Ekonomi dan Strategi Kebijakan Fiskal 2019 menjelaskan kinerja APBN semester I 2018 dan menggambarkan perbandingan APBN Indonesia pada pos Research & Development (R&D) masih jauh dibawah Amerika yang Investasi R&D-nya sebesar tiga kali lipat APBN Indonesia. Materi kedua dan ketiga mengenai insentif Pajak Penghasilan (PPh) dan Fasilitas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang mana kebanyakan telah dipelajari di kelas Perpajakan I dan Perpajakan II. Kemudian materi terakhir mengenai Insentif Bea Masuk yang terbagi dalam skema Insentif Sektoral/Umum dan Spasial/Kawasan.

Sesi Tanya-Jawab diadakan setelah sesi materi seminar, anggota Study Group Tax Center Tel-U, Dania (Akuntansi 2016), bertanya mengenai fasilitas insentif PPh untuk e-Commerce dan langsung ditanggapi oleh Bapak Purwitohadi selaku pemateri. Setelah sesi materi seminar dan sesi Tanya-Jawab, acara dilanjutkan dengan sesi Fun Quiz. Sesi Fun Quiz ini dilakukan via online pada aplikasi Kahoot. Kuis yang berisi 15 pertanyaan mengenai pengetahuan kebijakan ekonomi fiskal dan pengetahuan umum ini dimenangkan oleh Dwi Mulyo Ardli, Pengurus Tax Center Tel-U Bidang Study Group.

Comments are closed.