Sharing Session Isu Perpajakan Kepada Perusahaan Startup Binaan PT HM Sampoerna Tbk

Sharing Session Isu Perpajakan Kepada Perusahaan Startup Binaan PT HM Sampoerna Tbk

Bandung, Tax Centre Tel-U — Pada Selasa (14/8), pengurus Tax Center Tel-U telah melakukan Sharing Session dengan perusahaan Startup binaan PT HM Sampoerna Tbk. Dari Tax Center dihadiri lengkap oleh pengurus Tax Center, yaitu : Bapak Kurnia, Ibu Anisa Nurbaiti dan Bapak Muslih, sedangkan dari manajemen PT HM Sampoerna Tbk. dihadiri oleh Manajer Marketing wilayah Bandung, bapak Wiradika sebagai salah satu Supervisor (wilayah Bandung Timur) dan 24 perusahaan Startup binaan PT HM Sampoerna, Tbk. Acara Sharing Session ini dilaksanakan di Cafe Upnormal Riau di Jl. R.E. Martadinata, Kota Bandung.

Bapak Kurnia selaku Ketua Tax Center Tel-U dalam acara ini mempresentasikan mengenai isu-isu perpajakan terkini, salah satunya adalah mengenai PP Nomor 23 Tahun 2018. Peraturan Perpajakan bagi usaha Startup atau UMKM yang berlaku saat ini di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2018 tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan Dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. PP ini mencabut PP Nomor 46 Tahun 2013 yang telah berlaku selama lima tahun sejak 1 Juli 2013. Salah satu perubahan yang terjadi adalah penurunan tarif PPh Final 1% menjadi 0,5% dari omzet, yang wajib dibayar setiap bulannya.

Acara berlangsung hangat dan seru disesi terakhir yaitu sesi tanya jawab, mereka seakan ada tempat “curhatan” mengenai masalah perpajakan yang mereka alami. Hampir semua peserta mengajukan pertanyaan yang dasar, komplek dan teknis sekali. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pada dasarnyamereka sebenarnya bukan tidak mau membayar pajak tetapi ketidaktahuan dan kompleksitas prosedural perpajakan yang membuat mereka seakan “alergi” terhadap pajak. Mudah-mudahan ke depan Fiskus menyadarinya, semoga…..

Comments are closed.