Delegasi Tel-U Berhasil Capai Babak Semifinal di Tax Competition Universitas Indonesia (UI)

Delegasi Tel-U Berhasil Capai Babak Semifinal di Tax Competition Universitas Indonesia (UI)

BANDUNG, Telkom University – 2 (dua) tim Telkom University yang berasal dari jurusan Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), berkesempatan untuk mewakili Telkom University dalam kompetisi bertajuk ‘Tax Competition UI 2017 (TCUI)’ yang diadakan oleh komunitas mahasiswa perpajakan (Indonesian Young Tax Community – IYTC) Program Studi Administrasi Perpajakan – Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI)  pada tanggal 26 – 28 Oktober 2017.

Delegasi Telkom University terdiri dari : Telkom 1; Robi Husnimubaroq (2015), Salsabilla Tahaanii (2015), dan Salwa Nafisah Khairiyyah (2015), dan Telkom 2; Cantika Mayangsari (2013), Anti Azizah (2014), dan Tania Sabrina (2014).

TCUI 2017 ini merupakan yang pertama kalinya diadakan oleh Program Pendidikan Vokasi UI, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam berfikir analisis dan menambah wawasan tentang Perpajakan di Indonesia serta menjalin silaturahmi antar mahasiswa Perpajakan atau Akuntansi di Indonesia, dengan tema yang diambil adalah “Build Your Smart Taxation Knowledge with Fun and Passion”.

Kompetisi ini diikuti oleh 34 tim terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia, mereka sebagian besar berasal dari jurusan Program Administrasi Perpajakan dan beberapa dari jurusan Program Studi Akuntansi. Sebagian besar dari mereka berasal dari Perguruan Tinggi ternama dan sudah “berlangganan” juara (UI, UGM, Airlangga, UB, STAN). Materi pajak yang dikompetisikan pun sangat mendalam, mulai dari KUP sampai dengan Pajak Internasional.

Dihari pertama kompetisi, seluruh tim dihadapkan pada 3 babak penyisihan, yaitu babak pertama adalah mengisi 100 soal pilihan ganda, babak kedua adalah mengisi 50 soal benar/salah, dan babak ketiga adalah mengisi 5 soal teori dan hitungan. Dalam babak ini akan diambil 30 tim terbaik.

Kemudian dihari kedua, ada 3 (tiga) babak lagi yang harus dihadapi, yaitu : babak pertama adalah Rally SPT Tahunan PPh Badan, babak kedua adalah papan pajak, dan babak ketiga adalah post & moving. Di hari kedua ini, dipilih 15 tim terbaik untuk lanjut ke babak berikutnya.

Babak berikutnya adalah babak 15 besar, diadakan dihari ketiga dengan konsep yang hampir sama seperti post & moving namun diberi nama Amazing Tax Race. Dari babak 15 besar ini, kemudian diambil 9 tim terbaik yang bisa berlanjut ke babak semifinal. Babak semifinal ini masih diadakan di hari yang sama, yaitu berupa presentasi essay yang sudah dikirimkan sebelumnya. Dalam babak ini, akan dipilih 6 tim terbaik untuk kemudian masuk ke babak final.

Dua tim terbaik Telkom University, yaitu Telkom 1 dan Telkom 2, berhasil lolos dalam setiap babaknya dengan nilai yang sangat memuaskan, bahkan pada perempat final (babak 15 besar) tim Telkom University (Telkom 2) berada diurutan teratas (20 poin) dengan nilai yang terpaut jauh yaitu selisih 7 poin dari urutan kedua delegasi tim STAN (13 poin). Namun demikian kedua tim Telkom University belum bisa berhasil masuk babak final karena berada diurutan ke 8 (Telkom 2) dan 9 (Telkom 1) dan harus berakhir di babak semifinal ini.

Kedua tim Telkom University sudah memberikan yang terbaik. Mereka sudah berjuang, berkerja keras berkompetisi dengan tim terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia. Dari sisi mental, materi dan semangat juang mereka tidak kalah hanya keberuntungan yang belum berpihak kepada tim delegasi ini.

“Kami mungkin tidak berhasil untuk sampai di babak final, tapi kami sudah berusaha yang terbaik dan semoga usaha ini tidak sia-sia, for the next Telkom University Juaranya, semoga”, tutur Salsabilla (anggota tim Telkom 1) .

Comments are closed.